Visi-Misi

Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi serta mencermati kondisi lingkungan internal dan eksternal Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Baubau, maka dalam Rencana Strategis 2013-2018 dirumuskan visi sebagai berikut: “Mewujudkan Pertanian yang Maju, Hutan Lestari dan Ketahanan Pangan yang Tangguh menuju Masyarakat Pertanian dan Kehutanan yang Sejahtera Tahun 2013 - 2018.” 

Dari visi tersebut terdapat 4 (empat) pokok visi yaitu Pertanian yang maju; Hutan Lestari, Ketahanan Pangan yang berkelanjutan; dan Masyarakat Pertanian dan Kehutanan yang Sejahtera. Penjelasan keempat pokok visi tersebut adalah sebagai berikut:  

Pertanian yang Maju

:

Merupakan suatu kondisi sektor pertanian di Kota Baubau yang dicirikan dengan tingkat produktivitas yang tinggi melalui penerapan paket teknologi yang ramah lingkungan dan berwawasan agribisnis serta tersedianya sistem pelayanan publik bidang pertanian (perizinan usaha, penyuluhan dan pendampingan, penyediaan sarana prasarana, diseminasi teknologi) yang berkualitas dan berkeadilan.

Hutan Lestari

:

Merupakan suatu kondisi sektor kehutanan yang dicirikan dengan pengelolaan sumber daya kehutanan berdasarkan perencanaan pengembangan kehutanan yang konsisten dan berkelanjutan dengan sistem pengawasan hutan secara terpadu serta tersedianya sistem pelayanan kehutanan (perizinan usaha, pengawasan usaha, penyuluhan dan pendampingan masyarakat kehutanan) yang berkualitas, berkeadilan dengan memperhatikan kelestarian fungsi hutan.

Ketahanan Pangan yang Tangguh

:

Merupakan kondisi terpenuhinya pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, bergizi, beragam, tersebar merata di seluruh wilayah dan terjangkau oleh daya beli masyarakat.

Masyarakat Pertanian dan Kehutanan yang Sejahtera

:

Merupakan suatu kondisi masyarakat yang bergerak pada sektor pertanian dan kehutanan dengan tingkat pendapatan yang telah dapat memenuhi kebutuhan dasarnya serta adanya suatu sistem pelayanan umum di bidang pertanian dan kehutanan yang berkualitas, transparan dan berkeadilan, yang didukung oleh sistem penyelenggaran pemerintahan yang tertib.

 Untuk mencapai visi pembangunan pertanian dan Kehutanan tersebut di atas, ditetapkan misi sebagai berikut:

  1. Mengembangkan industri pengolahan dan pemasaran hasil serta pengelolaan jasa sektor pertanian dan kehutanan;
  2. Mewujudkan kondisi ketahanan pangan masyarakat melalui pengembangan sumber daya lokal, peningkatan diversifikasi pangan, penataan sistem distribusi dan cadangan pangan masyarakat, dan stabilisasi harga bahan pangan;
  3. Meningkatkan pengelolaan sumber daya hutan dengan menjaga kelestarian fungsi kawasan hutan untuk meningkatkan kesejahteraan ma
  4. Meningkatkan kesejahteraan petani melalui pengembangan potensi produksi pertanian, perkebunan, hortikultura dan peternakan yang berbasis kawasan, ramah lingkungan, berkelanjutan dan berwawasan agribisnis;
  5. syarakat sekitar hutan;
  6. Mewujudkan pelayanan publik bidang pertanian dan kehutanan yang efisien, efektif, transparan, berkualitas dan berkeadilan.